Manajemen Pemasaran tentang Bauran Produk
Bauran Produk (Manajemen Pemasaran)
Produk adalah hasil jadi dari sebuah proses yang dilakukan oleh pembuat atau produsen yang kemudian akan didistribusikan kepada pembeli atau konsumen sesuai yang dibutuhkannya.
Macam - Macam Produk
Produk terdiri dari 2 macam yaitu :
- Produksi Konsumsi
Produk Konsumsi diartikan sebagai produk yang diproduksi oleh produsen kemudian disalurkan langsung kepada konsumen untuk dikonsumsi. Dan produk konsumsi ini lebih cenderung tidak untuk dijual kembali. Barang-barang yang termasuk kedalam produksi konsumsi ialah Barang kebutuhan sehari-hari, Produk belanjaan, Produk khusus seperti mobil, motor, perhiasaan, dll.
- Produk Industry
Produk Industri adalah produk yang diproduksi oleh produsen kemudian dibeli oleh konsumen dengan tujuan akan dijual kembali dan juga dipergunakan sebagai bahan baku untuk proses produksi yang akan menghasilkan produk baru yang mempunyai kemanfaatan yang lebih. Produk industry ini maish dibagi menjadi 3 jenis yaitu : Bahan baku dan suku cadang pabrik, Barang modal, Perlengkapan dan layanan bisnis.
Strategi Pemasaran Produk
1. Kenali Pasar / Pelanggan
Strategi pemasaran produk yang pertama ialah kenali pasar, Jika anda tidak bisa mengenali pasar yang akan anda kuasai, maka bisa dikatakan anda telah gagal sejak awal. Dan juga kenali pelanggan dengan detail. Karena dialah yang menjadi target atau sasaran penjualan produk Anda. jika tidak mengenalinya, bisa jadi produk yang ditawarkan tidak akan disukai.
2. Melakukan Promosi yang tepat
Setelah anda melakukan strategi mengenali pasar, hal yang dilakukan selanjutnya adalah melakukan promosi atau pemasaran produk anda. Untuk melakukan promosi, anda harus bisa membuat sekreatif dan seinovatif mungkin untuk memikat daya tarik konsumen anda. Lakukan juga dengan konsisten dan secara terus-menerus agar pasar dapat mengingat produk anda.
3. Pilihlah Tempat Usaha yang Strategis
Setelah melakukan strategi promosi yang berikutnya adalah pilihlah tempat menjalankan usaha yang strategis. Minimal area yang ramai atau di ruang yang mudah diakses publik. Tempat semacam ini berpotensi memberikan keuntungan dibandingkan di tempat yang sepi.
4. Gunakan Internet Online Marketing
Anda harus memaksimalkan dalam memanfaatkan teknologi agar bisa mengefisiensikan perusahaan anda agar menjadi lebih baik. Selain itu anda juga bisa mengusahakan agar perusahaan anda mengeluarkan biaya seminim mungkin.
5. Jalin Hubungan yang Baik dengan Pelanggan Anda
Jaga hubungan baik anda dengan pelanggan. Ini sangat penting sebab dapat menarik pelanggan anda untuk dapat bertransaksi kembali. Tanggapi feedback-feedback yang mereka berikan dan dengar masukan-masukannya. Anda bisa meminta testimoni-tesmino tentang produk anda kepada mereka dan memberikan semacam reward diskon belanja kepada mereka. Dengan melakukan hal-hal tersebut, pelanggan akan merasa dihargai oleh perusahaan anda.
6. Evaluasi dan Tingkatkan Produk
Evaluasilah apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan akan produk yang anda produksi. Kembangkan kelebihan yang anda lalu kurangi kelemahan yang ada. Pelajari hal-hal yang dapat meningkatkan produk anda sehingga pelanggan akan semakin terpuaskan.
Jasa adalah suatu aktivitas atau tindakan yang tidak berwujud, tidak dapat diraba tetapi dapat diidentifikasi, yang direncanakan dan dilaksanakan untuk memenuhi permintaan dan kepuasan konsumen. jasa juga bisa dimaksud sebagai suatu aktivitas ekonomi yang melibatkan berbagai interaksi dengan konsumen atau dengan barang-barang milik, tetapi tidak terjadi transfer kepemilikan.
Macam-Macam Jasa
Pada dasarnya ada banyak sekali bentuk jasa yang dikonsumsi oleh masyarakat. Namun, secara garis besar jenis-jenis jasa dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu:
- Jasa Perawatan Pribadi, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini yaitu pijat, perawatan kecantikan, salon, binatu pakaian, dan lain-lain.
- Jasa Perumahan, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini yaitu kamar hotel, apartment, rumah tinggal, kost, dan lainnya.
- Jasa Komunikasi, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini yaitu telepon, telegram, komputer, internet.
- Jasa Usaha Rumah Tangga, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini yaitu jasa tukang kebun, air minum, perbaikan rumah, dan lain-lain.
- Jasa Transportasi, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini yaitu taxi, jasa pengiriman barang, jasa angkut barang, penyewaan mobil.
- Jasa Rekreasi dan Hiburan, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini yaitu kebun binatang, taman bunga, tempat wisata, tempat hiburan, dan lain-lain.
- Jasa Bisnis dan Profesi lainnya, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini yaitu jasa hukum, jasa akuntan, jasa pemasaran, dan lainnya.
- Jasa Asuransi, Bank dan Finansial, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini yaitu perpajakan, asuransi, perbankan, kredit.
Strategi Pemasaran Jasa
Strategi pemasaran jasa merupakan rencana keseluruhan suatu perusahaan
jasa agar konsumen potensial dapat menikmati produk yang diberikan. Untuk menghasilkan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan
dengan maksimal, berikut ini strategi marketing untuk bisnis jasa:
- Memberikan Pelayanan secara efisien. Dengan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat sesuai dengan harapan konsumen, secara tidak langsung mampu mempengaruhi konsumen untuk kembali lagi menggunakan jasa yang kita tawarkan. Karena umumnya konsumen tidak suka jika menunggu terlalu lama pelayanan yang mereka harapkan.
- Dalam menjalankan pemasaran jasa, adanya peran karyawan yang menangani konsumen dengan baik merupakan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Karena kinerja karyawan menentukan citra perusahaan jasa.
- Di sisi lain, tinggi rendahnya harga yang ditawarkan pelaku bisnis jasa sebaiknya disesuaikan dengan besar kecilnya manfaat yang didapatkan konsumen dari produk jasa yang kita tawarkan. Semakin besar manfaat atau nilai yang dirasakan konsumen, semakin tinggi pula biaya yang harus dikeluarkan konsumen.
- Menggunakan perkembangan teknologi serta inovasi untuk menghasilkan produk jasa yang mampu memberikan solusi terbaik bagi para konsumen. Karena semakin canggih teknologi yang digunakan, semakin cepat pula pelayanan yang diberikan untuk konsumen.
- Menyesuaikan budaya yang berkembang
pada saat ini. Karena peluang pasar bisnis pasar jasa juga dipengaruhi
dengan budaya yang berkembang saat ini.
STUDI KASUS
STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN TAHU STUDI KASUS TAHU“BULU LAGA” DI KECAMATAN LEMBAH MELINTANG KABUPATEN PASAMAN BARAT
Berdasarkan analisis data dan pembahasan bahwasannya mengenai strategi pemasaran tahu “Bulu Laga” di Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat, temuan penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Perusahaan tahu Bulu Laga adalah salah satu perusahaan tahu yang terdapat di Kecamatan Lembah Melintang Pasaman Barat. Keberadaan usaha ini telah diawali sejak tahun 1996 silam.
2. Manajemen telah menerapkan strategi pemasaran tertentu (strategi produk dan strategi pasar) guna menunjang pencapaian target penjualan tahu Bulu Laga tersebut.
3. Berdasarkan hasil analisis data bahwa posisi usaha tahu Bulu Laga berada di Kuadran II (dua) maka perusahaan harus dapat memanfaatkan lingkungan internal (kekuatan) dan menghindari suatu ancaman yang ada dari lingkungan eksternal.
4. Berdasarkan hubungan antara lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) dengan lingkungan eksternal (peluang dan ancaman) yang dihadapi perusahaan saat ini, maka dapat dirumuskan suatu kebijakan perusahaan yang mendukung diversifikasi yaitu membuat strategi yang berbeda (lain dari yang biasanya) dengan memanfaatkan kekuatan internal, sehingga dimasa yang akan datang memungkinkan terciptanya peluang.
Komentar