PROFIL PT.INDOFOOD DAN FUNGSI-FUNGSI MANAJERIAL
PT Indofood CBP
Sukses Makmur Tbk Cabang Bandung Divisi Noodle pertama kali didirikan pada
bulan Mei tahun 1992. Pada awal berdirinya, industri ini bernama PT Karya
Pangan Sejati yang merupakan salah satu cabang dari Sammaru Food Manufacturing
Co Ltd yang berpusat di Jakarta. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Cabang
Bandung ini berfokus dalam memproduksi mie instan sesuai dengan bidang produksi
sebelumnya. Pada tahun 2009, industri
ini mendapat sisipan nama CBP menjadi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk
Cabang Bandung Divisi Noodle. Akronim CBP yang tersemat pada nama industri ini
merupakan kependekan dari Consumer Brand Product yang menunjukan bahwa
perusahaan ini merupakan bagian dari group produk konsumen bermerek.
Aplikasi yang
diberikan oleh suatu perusahaan kepada karyawan PT Indofood CBP Sukses Makmur
Tbk Cabang Bandung Divisi Noodle sudah efektif. Hal ini dibuktikan dengan
tersertifikasinya Standarisasi Sistem Manajemen Mutu Produk ISO 9002 pada tanggal 4 Desember
1998. Sertifikasi tersebut diperoleh industri ini karena aspek kesegaran,
kepraktisan, keamanan, kehalalan, kehigienisan, kandungan gizi dan rasa produk
yang dihasilkan selalu diperhatikan. Industri ini juga mendapatkan sertifikat
ISO 9001 yang diserahkan di Jakarta pada tanggal 3 Maret 1999. Pada tanggal 15
Februari 2004, industri ini kembali mendapatkan sertifikat ISO mengenai sistem
Manajemen Mutu yaitu ISO 9001:2001(Hermayanti,
n.d.).
-
Fungsi – Fungsi Manajerial
dari PT. Indofood
·
Planning
Perusahaan pemproduksi mie instan terbesar di dunia
dengan 14 pabrik termasuk di Indonesia sendiri. Perusahaan yang juga beroperasi
di Cina dan Nigeria menjual lebih dari 8 miliyar paket mie instan tiap
tahunnya.
Cakupan
bisnis perusahaan Indofood dan peningkatan pasar kedepannya membuat Enterprise
Resource Planning (ERP) merupakan faktor penting dalam kesuksesan perusahaan.
Gunawan Samahita, Chief Information and Knowledge
Officer
Indofood, menjelaskan “ Perbedaan varian dari mie instan harus berisi bumbu
yang tepat yang diproduksi oleh Food Ingredient Division (FID).
Dan
setiap divisi harus menyesuaikan rencana produk (produk plans) mereka sehingga
akan selalu tersedia segala jenis bumbu yang dibutuhkan oleh berbagai varian
dari mie instan.
·
Organizing
Struktur organisasi merupakan gambaran fungsi dan
tanggung jawab tugas dan kewajiban serta kekuasaan yang ada pada perusahaan
agar karyawan mudah dalam melaksanakan aktifitasnya untuk mencapai tujuan yang
telah ditetapkan sebelumnya.
Bentuk
struktur organisasi yang digunakan di PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk adalah
struktur organisasi garis dan staf.
Dalam
organisasi ini terdapat dua kelompok orang-orang yang berpengaruh dalam
menjalani organisasi, yaitu:
1. Orang
yang melaksanakan tugas pokok organisasi dalam rangka pencapaian tujuan,
yang digambarkan dengan garis, dimana bawahan hanya mengenal satu atasan
sebagai sumber kewenangan yang memberikan komando dan hubungan antara atasan
dan bawahan bersifat langsung melalui garis wewenang
2. Orang
yang melaksanakan tugasnya berdasarkan keahlian yang dimiliknya, orang ini
berfungsi untuk memberikan saran-saran kepada unit operasional, karyawan ini di
sebut staf.
·
Directing
Pengembangan SDM di PT. Indofood merupakan baian dari
manajemen intem perusahaan. Sebagai bagian yang memberikan pengaruh besar pada
perusahaan, tentunya hal ini di anggap sangat penting. Maka dari itu PT.
Indofood harus terus mempersiapkan segala kemampuan yang dimiliki.
Proses
untuk menumbuhkan semangat (motivation) pada karyawan agar dapat bekerja keras
dan giat membimbing mereka dalam melaksanakan rencana untuk mencapai tujuan
yang efektif dan efesien. Melalui pengarahan, seorang manajer menciptakan komitmen
mendorong usaha-usaha yang mendukung tercapainya tujuan .
·
Controlling
Apabila rencana
sudah disusun dan ditetapkan, kemudian dilaksanakan dengan pengorganisasian
yang rapi dan digerakan dengan baik dan tepat, maka proses manajemen sudah
hampir selesai dan akan menghasilkan kinerja yang bagus. Namun untuk mengetahui
sejauh mana hasil yang sudah berhasil dicapai, berapa banyak kendala kendala
yang ditemui, apakah ada kesalahan atau penyelewengan diperlukan tindakan
pengawasan.
Komentar