MATERI KEWIRAUSAHAAN BAB 2


BAB 2
GALI IDE USAHAMU

A. Analisa Pros-Cons (Aspek positif dan aspek negatif)
    Analisa Pros-Cons adalah suatu cara untuk menilai apakah ide usaha yang diusulkan layak untuk dijalankan atau tidak. Caranya dengan membandingkan aspek positf dan aspek negatif dari masing-masing ide usaha. Dengan menggunakan analisa ini kita dapat mengetahui usaha apa yang baik untuk dijalankan.

Informasi yang harus di data :
  1. Keahlian yang dimiliki pengusaha untuk menjalankan usaha tersebut.
Keahlian yang dimaksud disini merupakan berbagai hal yang dikuasai oleh        pengusaha untuk mendukung usaha yang akan dijalankan. Misalnya kemampuan memasak, kemampuan membuat kue, kemampuan menggambar, kemampuan mengoperasikan komputer, dan keterampilan lain sebagainya.
  2. Ketersediaan bahan baku yang digunakan.
Pengusaha harus mengetahui apakah bahan baku yang dibutuhkan tersedia atau
tidak. Jika tersedia, dimana bahan baku tersebut tersedia dan apakah jumlahnya
mencukupi untuk kegiatan produksi. Jika tidak tersedia, pengusaha harus memikirkan  bahan baku pengganti.
  3. Kemudahan mendapatkan bahan baku yang dibutuhkan.
Apakah bahan baku yang dibutuhkan dapat dibeli di pasar-pasar terdekat, atau harus mencari ke wilayah lain. Apakah bahan baku tersebut dapat diperoleh kapanpun, atau hanya didapat secara musiman
  4. Kemampuan memproduksi dalam satu periode.
Pengusaha harus mengetahui berapa jumlah produk yang mampu dibuat dalam satu periode produksi.
  5. Keberadaan dan jumlah pesaing yang mempunyai produk sejenis.
Pengusaha juga harus mengetahui apakah ada pengusaha lain yang menjual produk
yang sejenis dengan yang dibuat. Jika ada, berapa banyak pengusaha yang menjual
produk tersebut.

B. Analisa SWOT
    Analisa SWOT adalah suatu cara yang digunakan untuk menilai dan mengukur kekuatan (Strengths) dan kelemahan (Weaknesses) yang dimiliki oleh pengusaha, serta melihat peluang (Opportunities) dan mencari informasi adanya ancaman/gangguan (Threats) dari usulan produk dan pasar. Informasi yang digunakan dalam analisa SWOT adalah informasi yang berasal dari usulan ide usaha yang telah lolos analisa pros-cons.

Dengan analisa SWOT maka pengusaha dapat menilai dengan lebih dalam mengenai :
  1. Apa saja kekuatan (strength) yang dimiliki sehingga mampu mengambil keuntungan atau manfaat dari peluang (opportunity) yang ada.
  2. Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weakness) yang dapat menghalangi pengusaha dalam menjalankan usahanya.
  3. Bagaimana kekuatan (strength) tersebut mampu menghadapi ancaman/gangguan
(threat) yang ada.
  4. Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weakness) yang dapat membuat ancaman/gangguan (threat) menjadi nyata.

C. Analisa Pesaing
    Sebuah usaha untuk mengidentifikasikan ancaman, kesempatan atau permasalahan yang terjadis ebagai akibatd ari perbahan persaingan potensial serta kekatan dan kelemahan pesaing.
Misal di daerah kita menjual produk keripik pangsit namun tidak hanya satu yang menjual tetapi ada beberapa yang menjual dengan produk yang serupa, konsumen tidak akan membeli semua tetapi membeli di salah satu penjual, maka penjual ini berlomba-lomba untuk mendapatkan hati konsumen supaya membeli produknya.
Maka dari itu, sangat penting bagi seorang pengusaha untuk mengetahui siapa pesaingnya agar dapat membuat sesuatu yang berbeda dan mendapatkan tempat di hati konsumen.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL PT.INDOFOOD DAN FUNGSI-FUNGSI MANAJERIAL

KETEMU JEFRI NICHOL