Manajemen Pemasaran UAS
Strategi Pemasaran Produk Beras Merah Organik
SEGMENTASI
Segmentasi merupakan proses yang berisi mengenai indentifikasi segmen, penentuan dan pemilihan segmen, dan menciptakan ceruk pasar dari target segmen tersebut, hasil dari penentuan segmentasi harus merupakan segmen yang nyata dan memang membutuhkan produk yang akan kita jual. Berdasarkan karakterisitk, maka beras organik akan dipasarkan kepada orang atau kelompok komunitas yang memiliki kesadaran terhadap kesehatan, atau kalangan yang memiliki kesadaran akan pentingnya kesehatan, biasanya orang-orang tersebut merupakan orang-orang yang secara ekonomi memiliki daya beli yang lebih (menengah - atas).
TARGETING
Targeting merupakan upaya perusahaan dalam memasarkan produknya dan membedakannya dari competitor (distinguish it self). Di dalam usaha beras organik relatif masih sedikit dan pasif (umumnya konsumen mencari) bukan produsen mencari, kebutuhan pasar modern seperti Hero, Giant, atau supermarket lain juga sangat tinggi, hal yang harus diperhatikan adalah stabilitas kualitas produk dan stabilitas kontiunitas produk dalam memenuhi kebutuhan pasar.
POSITIONING
Permintaan untuk beras organik masih relatif sedikit, sedangkan kebutuhan pasar akan beras organik cukup tinggi, sehingga pasar masih terbuka lebar, dan persaingan masih relatif sedikit, kendati demikian competitive advatage tetap diperlukan, produk beras organik yang dipasarkan merupakan beras yang pure organik, selain itu juga sebagai perusahaan atau produsen berusaha lebih dekat dengan konsumen dengan melakukan interaksi pasar misal sosialisasi produk organik di komunitas pecinta pangan organik dan sosialisasi kesehatan dan lain sebagainya (DEWI et al., 2017).
· Bauran Pemasaran
PRODUK
Beras merah sudah lama diketahui bermanfaat bagi kesehatan, selain sebagai pangan pokok. Namun beras merah yang umumnya adalah padi gogo kurang populer sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia. Beras merah tidak beda jauh dari beras putih yang menjadi perbedaan hanaya warna, warna beras merah kecoklatan. Banyak manfaat yang akan di rasakan oleh konsumen apabila mengkonsumsi beras ini, kesehataanya lebih baik karena merupakan beras organik.
HARGA
Harga yang dijual mulai dari Rp. 27.000/kg. Harga menjadi pertimbangan konsumen dalam keputusan pembelian beras dikarenakan kesesuaian harga terhadap manfaat dari produk yang dibeli menjadi perhatian konsumen. Beras merah tersebut memiliki ciri khas dan kualitas yang berbeda dari beras lainnya untuk kualitas rasa yang lebih pulen dan enak sehingga konsumen merasa sebanding dengan nilai dalam arti harga yang harus dibayarkan dengan manfaat yang diterimanya.
LOKASI
Untuk pemilihan lokasi yang stretegis sebaiknya mencari lokasi yang mudah dijangkau oleh kosnumen. Lokasi pada penjualan ini berada pada Jl. Banyuajuh Kamal.
PROMOSI
Promosi yang dilakukan dengan memberi potongan harga untuk konsumen yang membeli banyak produk. Dengan menggunakan teknologi yang sudah ada maka bisa dilakukan secara offline maupun online dan juga memiliki cabang diseluruh Indonesia.
· Media Promosi
- - Analisis Daya Saing Beras Merah Organik
Daya saing menggambarkan kemampuan produsen untuk memproduksi suatu komoditas dengan mutu yang baik dan biaya produksi yang serendah-rendahnya. Daya saing suatu komoditas akan tercermin pada harga jual yang murah di pasar dan mutu yang tinggi. Untuk analisis daya saing suatu komoditas biasanya ditinjau dari sisi penawaran karena struktur biaya produksi merupakan komponen utama yang akan menentukan harga jual komoditas (Bandrang et al., 2015).
Maka dapat dilihat dari usaha yang akan diusahakan, komoditi beras merah harus bisa dipasarkan secara efesien dengan menggunakan sumberdaya yang dapat menguntungkan secara aspek finasial, mempertahankan produk kulitas beras merah, adanya peningkatan itensifikasi, dan dapat memaksimalkan pangsa pasar yang tersedia.
Referensi :
Bandrang, T. N., Natawidjaja, R. S., & Karmana, M. (2015). Analisis Daya Saing dan Dampak Kebijakan Terhadap Beras Organik Ekspor ( Suatu Kasus di Gapoktan Simpatik Kabupaten Tasikmalaya ) Tirsa Neyatri Bandrang , Ronnie S . Natawidjaja , Maman Karmana Program Magister Ekonomi Pertanian Universitas Padjadjaran Em. 3, 33–46.
DEWI, N. P. A. Y., ANTARA, M., & RANTAU, I. K. (2017). Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning Pemasaran Beras Merah Organik Jatiluwih Bali di Provinsi Bali. Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata (Journal of Agribusiness and Agritourism), 6(4), 596.
Nama : Indah Rusliana Darmayati
Nim : 180321100021
Kelas : B
Komentar