Pasar Persaingan Sempurna




  •  Persaingan Pasar Sempurna
Persaingan pasar sempurna merupakan struktur pasar yang paling ideal, karna dianggap sistem pasar ini adalah struktur pasar yang akan menjamin terwujudnya kegiatan memproduksi barang atau jasa yang tinggi (optimal) efisiennya. Akan tetapi dalam prakteknya tidaknya mudah untuk menetukan jenis industry yang struktur organisasinya digolongkan kepada persaingan sempurna yang murni yaitu yang ciri-cirinya sepenuhnya bersamaan dengan dalam teori.
  • Ciri – Ciri Pasar Sempurna
Pasar persaingan sempurna dapat didefiniskan sebagai struktur pasar atau industry dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual atau pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar. Ciri – cirri dari pasar sempurna adalah :
-        - Perusahaan Adalah Pengambil Harga
Pengambil harga atau price taker berarti suatu perusahaan yang ada didalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar. Harga barang di pasar ditentukan oleh interaksi diantara keseluruhan produsen dan keseluruhan pembeli. Seorang produsen adalah terlalu kecil peranannya didalam pasar sehingga tidak dapat mempengaruhi penentuan harga atau tingkat produksi di pasar.
-         - Setiap Perusahaan Mudah Ke Luar atau Masuk
Apabila perusahaan mengalami kerugian dan ingin meninggalkan industry tersebut, langkah ini dapat dengan mudah dilakukan. Sebaliknya apabila ada produsen yang ingin melakukan kegiatan diindustri tersebut produsen tersebut dapat dengan mudah melakukan kegiatan yang diinginkan. Misalnya kepada perusahaan – perusahaan untuk memasukiatau meninggalkan bidang usaha tersebut.
-       - Menghasilkan Barang Serupa
Barang yang dihasilkan berbagai perusahaan tidak mudah untuk dibeda-bedakan. Barang yang dihasilkan sangat sama atau serupa. Tidak terdapat perbedaan diantara barang yang dihasilkan suatu perusahaan dengang produksi perusahaan lain. Barang seperti itu dinamakan dengan istilah barang identicial atau bomogenous. Karna barang-barang tersebut adalah sangat serupa dan konsumen tidak dapat membedakan yang mana di hasilkan oleh produsen A atau B atau produsen lain. Sebagai akibat dari sifat ini tidak ada gunanya kepada perusahaan-perusahaan untuk melakukan persaingan yang berbentuk persaingan bukan harga atau nonprice competition yaitu persaingan dengan misalnya melakukan iklan dan promosi penjualan. Cara ini tidak efektif untuk menaikkan penjualan karna pembeli mengetahui bahwa barang-barang yang dihasilkan berbagai produsen dalam industry tidak ada bedanya sama sekali. 
-        - Terdapat Banyak Perusahaan Di Pasar
Sifat ini yang menyebabkan perusahaan tidak mempunyaki kekuasaan untuk mengubah harga. Sifat ini meliputi 2 aspek, yaitu jumlah perusahaan sangat banyak dan masing-masing perusahaan adalah relatif kecil kalau dibandingkan dengan keseluruhan jumlah perusahaan didalam pasar. Sebagai akibatnya produksi setiap perusahaan adalah sangat sedikit kalau dibandingkan dengan jumlah produksu dalam industry tersebut. Sifat ini menyebabkan apapun yang dilakukan perusahaan, seperti menaikkan atau menurunkan harga dan menaikkan atau menurunkan produksi, sedikit pun ia tidak mempengaruhi harga yang berlaku dalam pasar/industry tersebut.
-        - Pembeli mempunyai Pengetahuan Sempurna Mengenai Pasar
Dalam pasar persaingan sempurna juga dimisalkan bahwa jumlah pembeli adalah sangat banyak. Namun demikian dimisalkan pula bahwa masing-masing pembeli tersebut mmpunyai pengetahuan yang sempurna mengenai keadaan pasar, yaitu mereka mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan-perubahan ke atas harga tersebut. Akibatnya para produsen tidak dapat menjual barangnya dengan harga yang lebih tinggi dari yang berlaku dipasar. 



Referensi : Sukirno, Sadono. 2016. Mikroekonomi Teori Pengantar ( edisi ketiga ). Jakarta : Rajawali Pers. 




                                     “ Semoga bermanfaat ^^ “
 

 



Komentar

Unknown mengatakan…
๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘
Unknown mengatakan…
๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘
Unknown mengatakan…
๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘
Unknown mengatakan…
๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘
Fikri Dhiya Ulhaq mengatakan…
Oke ๐Ÿ‘๐Ÿ‘
Niceee ๐Ÿ‘๐Ÿ‘
Waqiatul mukarromah mengatakan…
Bermanfaat sekali ๐Ÿ‘
Ivani rahma S. W mengatakan…
Sangat bermanfaat ๐Ÿ˜Š
Unknown mengatakan…
Apa pasar ini juga bisa dibilang salah satu praktik dari sistem ekonomi kapitalisme?
Agung setia B mengatakan…
Masuk bu indah:v๐Ÿ‘Œ
Nina Yunita mengatakan…
Bagus artikelnya
Rahwi Salma Gusti mengatakan…
๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘
Bay mengatakan…
artikelnya bagus mengenai pasar persaingan dan sangat bermanfaat bagi pembacanya ๐Ÿ‘
Bay mengatakan…
artikelnya bagus mengenai pasar persaingan dan sangat bermanfaat bagi pembacanya ๐Ÿ‘
FauziyahZi mengatakan…
Terimakasih artikelnya ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘๐Ÿ‘
Atikafff mengatakan…
Terimakasih, sangat membantuu
NUR AFIFALIANA MAULUDIAH mengatakan…
Sangat bermanfaat kak
Unknown mengatakan…
Nice ๐Ÿ‘๐Ÿ‘
Rania Muzammil mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Rania Muzammil mengatakan…
Artikelnya bagus cukup jelas untuk dimengerti, ini sangat membantu dan sangat bermanfaat terimakasih
agung mengatakan…
bagus kak
Unknown mengatakan…
Siipp nih๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘
Unknown mengatakan…
๐Ÿ‘
Syafira Adenin mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Syafira Adenin mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan…
Terimakasih sangat bermanfaat ๐Ÿ™
Al Maidatatia mengatakan…
Artikelnya bagus terimakasih๐Ÿ™
IMAYATUS SOLEHA mengatakan…
Mantap. Bagus' kak
Miftahol mengatakan…
Artikelnya bagus
Unknown mengatakan…
mantap kak bagus banget
blogerku.com mengatakan…
๐Ÿ‘
Rahwi Salma Gusti mengatakan…
Thankyouu ๐Ÿ‘
Unknown mengatakan…
Very good๐Ÿ‘
TASYA FAIS ELWANY mengatakan…
Terima kasih ilmunya
Indahrusliana.dr mengatakan…
Terimakasih
Indahrusliana.dr mengatakan…
Terimakasih sarannya kak
febri129 mengatakan…
Teruskan bakatmu kak sangat bermanfaat bagi bembaca
Unknown mengatakan…
Bagus sangat bermanfaat ๐Ÿ˜Š
Unknown mengatakan…
Bagus sangat bermanfaat ๐Ÿ˜Š
zainul qomar s mengatakan…
Mantap,teruskan untuk saling berbagi ilmu๐Ÿ™
Maizameryatun77 mengatakan…
Iya bermanfaat kak
Ditdot mengatakan…
your information, very hopefully๐Ÿ™
Ditdot mengatakan…
your information, very hopefully๐Ÿ™
Mita mengatakan…
Bermanfaat gett

Postingan populer dari blog ini

PROFIL PT.INDOFOOD DAN FUNGSI-FUNGSI MANAJERIAL

MATERI KEWIRAUSAHAAN BAB 2

KETEMU JEFRI NICHOL