Pasar Persaingan Sempurna
- Persaingan Pasar Sempurna
Persaingan pasar sempurna
merupakan struktur pasar yang paling ideal, karna dianggap sistem pasar ini
adalah struktur pasar yang akan menjamin terwujudnya kegiatan memproduksi
barang atau jasa yang tinggi (optimal) efisiennya. Akan tetapi dalam prakteknya
tidaknya mudah untuk menetukan jenis industry yang struktur organisasinya
digolongkan kepada persaingan sempurna yang murni yaitu yang ciri-cirinya sepenuhnya
bersamaan dengan dalam teori.
- Ciri – Ciri Pasar Sempurna
Pasar persaingan sempurna dapat
didefiniskan sebagai struktur pasar atau industry dimana terdapat banyak
penjual dan pembeli, dan setiap penjual atau pembeli tidak dapat mempengaruhi
keadaan di pasar. Ciri – cirri dari pasar sempurna adalah :
- - Perusahaan Adalah Pengambil Harga
Pengambil harga atau price taker berarti suatu perusahaan
yang ada didalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar. Harga barang
di pasar ditentukan oleh interaksi diantara keseluruhan produsen dan
keseluruhan pembeli. Seorang produsen adalah terlalu kecil peranannya didalam
pasar sehingga tidak dapat mempengaruhi penentuan harga atau tingkat produksi
di pasar.
- - Setiap Perusahaan Mudah Ke Luar atau Masuk
Apabila perusahaan mengalami
kerugian dan ingin meninggalkan industry tersebut, langkah ini dapat dengan
mudah dilakukan. Sebaliknya apabila ada produsen yang ingin melakukan kegiatan
diindustri tersebut produsen tersebut dapat dengan mudah melakukan kegiatan
yang diinginkan. Misalnya kepada perusahaan – perusahaan untuk memasukiatau
meninggalkan bidang usaha tersebut.
- - Menghasilkan Barang Serupa
Barang yang dihasilkan berbagai
perusahaan tidak mudah untuk dibeda-bedakan. Barang yang dihasilkan sangat sama
atau serupa. Tidak terdapat perbedaan diantara barang yang dihasilkan suatu
perusahaan dengang produksi perusahaan lain. Barang seperti itu dinamakan
dengan istilah barang identicial atau
bomogenous. Karna barang-barang
tersebut adalah sangat serupa dan konsumen tidak dapat membedakan yang mana di
hasilkan oleh produsen A atau B atau produsen lain. Sebagai akibat dari sifat ini
tidak ada gunanya kepada perusahaan-perusahaan untuk melakukan persaingan yang
berbentuk persaingan bukan harga atau nonprice
competition yaitu persaingan dengan
misalnya melakukan iklan dan promosi penjualan. Cara ini tidak efektif
untuk menaikkan penjualan karna pembeli mengetahui bahwa barang-barang yang
dihasilkan berbagai produsen dalam industry tidak ada bedanya sama sekali.
-
- Terdapat Banyak Perusahaan Di Pasar
Sifat ini yang menyebabkan perusahaan
tidak mempunyaki kekuasaan untuk mengubah harga. Sifat ini meliputi 2 aspek,
yaitu jumlah perusahaan sangat banyak dan masing-masing perusahaan adalah
relatif kecil kalau dibandingkan dengan keseluruhan jumlah perusahaan didalam
pasar. Sebagai akibatnya produksi setiap perusahaan adalah sangat sedikit kalau
dibandingkan dengan jumlah produksu dalam industry tersebut. Sifat ini
menyebabkan apapun yang dilakukan perusahaan, seperti menaikkan atau menurunkan
harga dan menaikkan atau menurunkan produksi, sedikit pun ia tidak mempengaruhi
harga yang berlaku dalam pasar/industry tersebut.
-
- Pembeli mempunyai Pengetahuan Sempurna Mengenai
Pasar
Dalam pasar persaingan sempurna
juga dimisalkan bahwa jumlah pembeli adalah sangat banyak. Namun demikian
dimisalkan pula bahwa masing-masing pembeli tersebut mmpunyai pengetahuan yang
sempurna mengenai keadaan pasar, yaitu mereka mengetahui tingkat harga yang
berlaku dan perubahan-perubahan ke atas harga tersebut. Akibatnya para produsen
tidak dapat menjual barangnya dengan harga yang lebih tinggi dari yang berlaku
dipasar.
Referensi : Sukirno,
Sadono. 2016. Mikroekonomi Teori Pengantar ( edisi ketiga ). Jakarta : Rajawali
Pers.
“ Semoga bermanfaat ^^ “
Komentar