MATERI KEWIRAUSAHAAN BAB 3

BAB 3
KENALI USAHA KU
SIAPA KONSUMEN PRODUK KU?
 
   Seorang pengusaha tidak akan mungkin bisa menjual semua barang atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen, karena kebutuhan konsumen berbeda-beda. Jenis kelamin, usia, tingkat pendapatan, lokasi dan tempat tinggal bisa menyebabkan perbedaan kebutuhan tersebut.Contohnya makanan. Sama-sama bubur, tetapi bubur untuk bayi dan orang dewasa berbeda.
 
   Contoh lain adalah baju dimana baju untuk laki-laki dan perempuan sangat berbeda. Dari
segi usiapun berbeda, seperti baju bayi laki, baju bayi perempuan, baju remaja laki-laki dan
baju remaja perempuan. Dikarenakan begitu banyak pilihan produk barang atau jasa yang ditawarkan, maka seorang penjual harus memilih calon konsumen yang akan dipenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, penting bagi pengusaha untuk memahami kriteria calon konsumen. Kriteria tersebut
meliputi jenis kelamin, usia, tingkat pendapatan, tempat tinggal, dan lainnya. 
 
KEUNGGULAN BERSAING
 
   Dalam menjalankan usaha, seorang pengusaha pasti akan menghadapi persaingan. Beberapa pesaing sudah diidentifikasi kelebihan dan kekurangannya. Ada beberapa cara untuk menghadapi, bertahan, dan unggul dalam persaingan tersebut. Salah satunya adalah dengan memiliki keunggulan bersaing. Suatu usaha dikatakan memiliki keunggulan bersaing jika usaha tersebut mempunyai sesuatu yang berbeda dari yang dimiliki oleh pesaing dan melakukan sesuatu lebih baik dari pesaing. Ada dua cara untuk menciptakan keunggulan bersaing, yaitu: 
  • Biaya produksi yang lebih murah  
    Biaya produksi yang lebih murah dapat dilakukan melalui beberapa hal. Misalnya dengan menciptakan proses produksi yang mudah, mencari supplier (pemasok) bahan baku yang murah
namun tetap sesuai dengan standard, membeli bahan baku dalam jumlah yang banyak (grosir), sehingga bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari pada harga eceran.
    Dengan demikian, pengusaha dapat menjual produk dengan harga yang lebih murah
dibandingkan harga pesaing, namun tetap memiliki kualitas produksi yang sama bahkan
bias lebih baik. Selain itu, dengan biaya produksi yang murah, pengusaha juga bisa
mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
  • Menciptakan perbedaan dengan produk pesaing
    Untuk mendapatkan tempat di hati konsumen, produk yang dijual haruslah berbeda dengan
produk sejenis lainnya. Perbedaan disini bukan hanya sekedar berbeda penampilan atau
rasa, namun perbedaan yang benar-benar dibutuhkan dan memberi manfaat lebih bagi
konsumen dan pelanggan. Menciptakan perbedaan unik yang belum dimiliki oleh pesaing,
yang membuat konsumen senang dan ingat dengan produk kita dan ingin terus melakukan
pembelian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL PT.INDOFOOD DAN FUNGSI-FUNGSI MANAJERIAL

MATERI KEWIRAUSAHAAN BAB 2

KETEMU JEFRI NICHOL