MATERI KEWIRAUSAHAAN BAB 5
BAB 5
PEMASARAN
PEMASARAN
MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF
Untuk dapat menjual barang/jasa kepada konsumen diperlukan suatu kegiatan pemasaran agar konsumen mengetahui produk/jasa yang kita jual berikut keunggulannya. Agar dapat menjual barang/jasa dengan baik, diperlukan suatu strategi pemasaran yang efektif. Hal ini bertujuan agar pemasaran yang kita lakukan benar-benar dapat menginformasikan produk yang kita jual dan dipahami dengan jelas oleh target konsumen kita. Namun, sebelum kita masuk lebih dalam, mari kita ulas sedikit mengenai makna dari strategi pemasaran.
Strategi: Cara-cara yang dilakukan dengan kemampuan yang dimiliki untuk mencapai apa
yang diinginkan (tujuan).
yang diinginkan (tujuan).
Pemasaran: kegiatan-kegiatan yang terdiri dari menentukan harga jual, menetapkan
pangsa atau segmen konsumen, memilih jalur penjualan, mempromosikan produk ditujukan
terhadap segmen konsumen yang dipilih.
pangsa atau segmen konsumen, memilih jalur penjualan, mempromosikan produk ditujukan
terhadap segmen konsumen yang dipilih.
Strategi pemasaran: cara-cara yang dilakukan dengan kemampuan yang dimiliki untuk
menentukan harga jual, menetapkan pangsa atau segmen konsumen, memilih jalur
penjualan, mempromosikan produk ditujukan terhadap segmen konsumen yang dipilih.
menentukan harga jual, menetapkan pangsa atau segmen konsumen, memilih jalur
penjualan, mempromosikan produk ditujukan terhadap segmen konsumen yang dipilih.
Manfaat strategi pemasaran
- Merencanakan produk dan membuat produk yang benar-benar dibutuhkan oleh konsumen.
- Menentukan harga jual yang tepat.
- Mempromosikan produk dengan cara dan saluran media yang tepat.
Bauran pemasaran juga dikenal dengan istilah 4P, yaitu product (produk), price (harga), place (tempat penjualan/jalur distribusi), dan promotion (promosi).
- Product (produk) adalah sesuatu yang ditawarkan ke calon konsumen, baik berupa barang maupun jasa. Hal-hal yang termasuk product meliputi: variasi, kualitas, desain, merek, dan kemasan.
- Price (harga) adalah sejumlah uang yang harus dikeluarkan oleh calon konsumen untuk memiliki / menikmati barang atau jasa yang diinginkan. Hal-hal yang termasuk price meliputi: daftar harga dan diskon potongan harga.
- Place (tempat penjualan / jalur distribusi) adalah merupakan lokasi atau tempat dimana calon konsumen bisa dengan mudah menjangkau atau mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan. Hal-hal yang termasuk place meliputi: lokasi penjualan, wilayah penjualan, dan alat transportasi.
- Promotion (promosi) adalah kegiatan-kegiatan atau cara yang dilakukan oleh pengusaha untuk mengenalkan barang atau jasa yang dijual dan menarik minat calon konsumen untuk membeli, termasuk media yang digunakan untuk promosi. Hal-hal yang termasuk promotion meliputi: brosur, poster, iklan di koran, majalah, radio, mediaonline (facebook dan Instagram), spanduk, dan lain-lain.
- Solusi Pelanggan (Customer Solution). Barang atau jasa yang dijual harusnya dapat membantu dan mampu menyelesaikan masalah konsumen.
- Biaya Pelanggan (Customer Cost). Barang atau jasa yang akan dibayarkan oleh konsumen untuk membeli produk tersebut harus sesuai atau setara dengan kebutuhan atau keinginannya.
- Kenyamanan (Convenience). Barang atau jasa tersebut mampu menyenangkan konsumen karena mudah diperoleh di mana-mana.
- Komunikasi (Communication). Pengusaha dan konsumen dapat melakukan komunikasi baik sebelum membeli, saat membeli, maupun sesudah pembelian barang atau jasa.
Setelah menentukan strategi pemasaran, sekarang saatnya menentukan anggaran pemasaran. Hal terpenting yang harus diingat oleh pengusaha adalah membuat anggaran pemasaran yang sesuai dengan barang atau jasa yang akan dijual dan calon konsumen yang dipilih. Anggaran pemasaran hanya mencakup biaya yang timbul dari aktivitas pemasaran saja. Tidak termasuk aktivitas usaha yang lain, seperti produksi.
Komentar